Konsolidasi membentuk suatu entitas

Beranda » Berita Kerah Biru » Nasional >>Konsolidasi Membentuk Suatu Entitas Organisasi Kuat

 

Jakarta_Kerahbirunews,-  Dalam sambutannya sebagai Ketua Umum FSP Kerah Biru -SPSI, Royanto Purba menegaskan bahwa konsolidasi dalam suatu organisasi sangat penting. Konsolidasi merupakan upaya mempererat antar dua kelompok atau lebih dalam membentuk suatu entitas sehingga organisasi semakin kuat.

Royanto memandang bahwa keharmonisan dalam suatu organisasi ditandai dengan solidnya anggota dan antar tingkat pengurus. Menurutnya bahwa apa yang dilakukan Pokja PT. Binajasa Abadikarya (Bijak) sudah sangat tepat. Dalam acara seperti ini anggota dapat  lebih mengenal para pengurus pusat. Pengurus Pokja bisa lebih mengetahui arah pergerakan organisasi, dan menyampaikan beberapa masukan atau saran bahkan harapan.

Konsolidasi dalam rangka menciptakan harmonisasi organisasi

“Konsolidasi itu menciptakan keharmonisan, melahirkan keseragaman tingkah langkah organisasi, dan menjadi sarana motivasi semua anggota untuk berperan aktif memajukan organisasi. Anggota fokus pada pencapaian program-program organisasi.” tandas Royanto.

Lebih lanjut Royanto juga mengharapkan anggota Pokja PT.Bijak agar benar-benar memahami bahwa Kerah Biru adalah wadah yang melindungi anggotanya. Kerah Biru harus menjadi jalur akses dalam upaya meraih kesejahteraan, sarana membangun diri dalam organisasi dan banyak manfaat lainnya.

Penyelesaian berbagai masalah diutamakan dengan dialog

Pada kesempatan tersebut juga Royanto menjelaskan berbagai penanganan permasalahan ketenagakerjaan sejak hadirnya Kerah Biru. Seperti permasalahan upah yang tidak dibayar, pemukulan tenaga kerja dan PHK dapat diselesaikan dengan jalan mediasi dan dialog.

“Kerah Biru akan tetap konsisten, dalam menangani dan melakukan pembelaan bagi anggota yang mengalami permasalahan ketenagakerjaan. Selain itu juga memastikan jaminan sosial, peningkatan skill, dan peluang usaha bagi anggota” tegas Royanto.

Pada kesempatan yang sama, Saefpuloh selaku Sekretaris Umum Kerah Biru mengajak semua anggota Kerah Biru untuk lebih kreatif.

“Era sekarang sangat tidak menentu, kita harus meninggalkan pola-pola lama. Pekerja itu butuh kepastian penghasilan. Oleh sebab itu kreatifitas dan ide-ide dari anggota harus benar-benar ditampung, dikaji dan diputuskan untuk dieksekusi atau tidak.” ungkap Saefpuloh.

Lelaki yang akrab dipanggil Ipul tersebut juga menjelaskan bahwa khusus DKI, Pengurus Pusat belum membentuk Pengurus Daerah. Ini berarti Pokja yang ada di DKI Jakarta berada dalam kepengurusan pusat karena DKI JAKARTA menjadi barometer bagi daerah lain.

Acara konsolidasi Pokja PT . BIJAK tersebut merupakan perkenalan pertama anggota Pokja dengan Pengurus Pusat yang diinisiasi oleh Pokja PT.Bijak.

By Kerah Biru

Federasi Serikat Pekerja Kerah Biru berdiri pada tanggal 29 September 2022 di Jakarta. Merupakan Federasi Serikat Anggota termuda yang berafliasi pada Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI)

3 thoughts on “Konsolidasi membentuk suatu entitas organisasi kuat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *